Laporan Pemilihan Presiden Amerika Serikat di New York

Permias NYC Admin Tags: , 0

Pemilihan Presiden (Pilpres) Amerika Serikat dilaksanakan serempak di seluruh negara bagian AS pada 8 November 2016. Pesta demokrasi ini menjadi ajang penentuan presiden dan wakil presiden Amerika Serikat ke-45, dengan kandidat pasangan Hillary Clinton – Tim Kaine dari Partai Demokrat dan pasangan Donald Trump – Mike Pence dari Partai Republik.

Tempat Pemungutan Suara (TPS) tersebar di berbagai lokasi. Warga negara Amerika Serikat mendatangi TPS di mana mereka sudah terdaftar sebagai pemilih untuk menggunakan hak suaranya. Keamanan TPS dijaga dengan ketat. Tidak sembarang orang bisa masuk ke ruang utama pemilihan tanpa seizin panitia dan menunjukkan kartu pemilih.

Cerita dari lapangan

Robinson Sinurat, anggota Permias New York City yang menjadi relawan dalam pemilihan presiden Amerika Serikat di Elmhurst, Queens, melaporkan dari posko Asian American Exit Pool and Pool Monitoring di TPS 48-01 90th St, Queens.

“Suasana di TPS 48-01 ini sangat tentram dan tidak ada kerusuhan sama sekali. Semua berjalan dengan lancar. Semua mengikuti peraturan yang telah ditetapkan oleh panitia pemilihan. Antusias masyarakat Amerika Serikat untuk memilih di tempat ini sangat tinggi. Menurut pengamatan saya, lebih dari 75% yang melakukan voting di TPS ini adalah Asian–American,” kata Robinson.

Panitia pemilihan umum menyediakan penerjemah untuk membantu warga yang tidak menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa utama. Setelah menggunakan hak pilih, panitia memberikan stiker bertuliskan “I voted” sebagai tanda pemilih telah memberikan suara dalam Pilpres AS 2016.

Pengamatan serupa dilaporkan oleh anggota Permias New York City lainnya, Shofi Awanis, yang menjadi kontributor liputan situasi pemilu dari TPS Fiorello H. La Guardia High School. Walau TPS beroperasi hingga jam  malam, antrian sudah dimulai sejak pukul 6 pagi.

“Rata-rata pemilih mengantri sekitar 30-40 menit, kemudian masuk dan menghabiskan sekitar 5 menit di dalam bilik suara,” papar Shofi. “Kebanyakan orang memang datang lebih pagi sebelum melanjutkan aktivititas harian seperti bekerja.” Walau menjadi agenda nasional, hari pemilihan umum Pilpres AS memang bukan termasuk libur nasional.

Sistem Electoral College pada Pilpres AS

Setelah proses pemilihan umum di TPS, suasana Pilpres AS berlanjut hingga penghitungan suara yang berlangsung malam harinya. Pilpres AS dilakukan dengan sistem electoral college. Setiap warga negara yang menggunakan hak suara memilih sejumlah elector, yang merepresentasikan posisi dukungan partai di negara bagiannya.

Setiap negara bagian memiliki jumlah elector berdasarkan populasi. Secara keseluruhan, jumlah elector di AS adalah 538. Pasangan kandidat harus mendapatkan minimal 270 suara untuk memenangkan Pilpres AS.

Kandidat yang memenangkan suara mayoritas di sebuah negara bagian pada umumnya berhak untuk mendapatkan poin sejumlah electoral votes di negara tersebut. Hillary Clinton dan Tim Kaine yang menang di New York mendapatkan 29 electoral votes dalam perhitungan suara.

Malam Penghitungan Suara

Proses penghitungan suara disiarkan langsung oleh stasiun TV nasional. Di New York, ajang menonton bersama penghitungan suara Pilpres diadakan di berbagai tempat umum. Stasiun TV NBC menyelenggarakan nonton bersama di area terbuka Rockefeller Plaza yang dapat dihadiri oleh publik umum.

Sementara di Times Square, publik dapat menyaksikan siaran TV lewat layar digital raksasa yang ditempatkan di berbagai titik. Abdul Kadir Jaelani, Konsul Jenderal (Konjen) RI di New York ikut menyaksikan siaran penghitungan suara di Times Square.

“Dengan segala dinamikanya, situasi pemilu saat ini patut dihargai. Kita patut mengucapkan selamat kepada rakyat Amerika Serikat karena pemilihan umum saat ini telah terselenggara secara aman dan damai.”

Pemilu AS ditutup dengan kemenangan Partai Republikan yang menobatkan Donald Trump dan Mike Pence sebagai Presiden dan Wakil Presiden AS, dengan jumlah 306 electoral votes.

(Kontributor: Shofi/Robinson)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *